Thursday, December 27, 2012

Install Synaptic Package Manager di Ubuntu 12.10


Synaptic adalah aplikasi manajemen paket tingkat lanjut yang dapat menginstal dan menghapus setiap paket yang tersedia untuk sistem kita.
Untuk meluncurkan Synaptic, dari menu System pilih Administration->Synaptic Package Manager. Anda memerlukan hak akses administratif untuk menggunakan Synaptic.

Jika kita telah mengetahui nama paket yang ingin diinstal atau dihapus, klik tombol Search, dan masukkan nama paket. Kita dapat juga mencari paket melalui deskripsi paket tersebut (sebagai contoh, Anda dapat menemukan seluruh paket yang mengandung kata “arcade” atau “mathematics”). Gunakan kategori dibagian kiri untuk menyaring daftar paket. Untuk kembali ke daftar kategori selesah melakukan pencarian, klik Sections.

Untuk menginstal paket, klik kotak disebalahnya dan pilih mark for installation. Jika berubah pikiran, pilih unmark. Untuk menghapus paket yang sudah diinstal, pilih mark for removal.

Jika Anda telah selesai, klik Apply dan Ubuntu akan melakukan perubahan. Jika Anda tidak ingin membuat perubahan apapun, cukup tutup jendela saja.
———————————

 
Selama bertahun-tahun, Ubuntu (dan kebanyakan distribusi Linux Debian based) telah mengandalkan sebuah program bernama Synaptic Package Manager untuk menginstal perangkat lunak. Namun, pada Ubuntu 11.10 ke atas, Synaptic telah dihapus dari Ubuntu dan menggunakan Ubuntu Software Center. 
 
Ubuntu Software Center memang memiliki GUI yang bagus daripada Synaptic. Namun, jika Anda lebih memilih menggunakan Synaptic, ini cukup mudah untuk diinstall pada Ubuntu 12.04. Synaptic terutama dapat berguna saat mengkonfigurasi instalasi Ubuntu baru, karena kita dapat menggunakannya untuk mencari paket tertentu yang mungkin kita butuhkan.
 
Untuk menginstall secara GUI, bisa kita lakukan dengan click Ubuntu software center di launcher, lalu ketikan synaptic packge manager, lalu click install.
Bila tombol button install tidak dapat di click atau untuk menginstal Synaptic di Ubuntu 12,04 menggunakan Terminal ketik perintah ini:  
sudo apt-get install synaptic
——-
Sumber :
Artikel Terkait

0 comments: