Wednesday, January 2, 2013

EMOSFET 2012 : Kiprah Ilmiah HMJ Teknik Elektro FT UNJ

atg  EOr

Pada bulan Desember 2012 lalu, Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro-Universitas Negeri Jakarta (HMJTE-UNJ) telah menggelar berbagai event ilmiah yang sangat bagus dan membanggakan, khususnya saya sebagai salah satu staf pengajarnya. Kegiatan tersebut diberinama EMOSFET (Elektro Most Festival),  EMOSFET adalah event tahunan dari elektro dan merupakan acara terbesar yang diselenggarakan oleh HMJTE. Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan, diantaranya: Workshop Animasi, Seminar Android, Kompetisi Robot (Electro Open Robotic III), Lomba Inovasi Alat Tepat Guna dan Seminar Edupreneurs.

Electro Open Robotic III
Tema yang diusung tahun 2012 adalah ”Maju berkarya, Berkualitas Robotic Indonesia”, merupakan ajang kompetisi Robotic Line Follower tingkat SMA/SMK dan mahasiswa. Electro Open Robotic III diadakan pada tanggal 26 Desember 2012 tepatnya di Aula Daksinapati Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta kampus A, diikuti lebih dari 30 tim dari berbagai instansi dan sekolah yang berasal dari daerah JABODETABEK dan juga dari Yogyakarta.

Electro Open Robotic III diselenggarakan oleh panitia inti Electro-most festival (e-mosfet) 2012 yang diketuai oleh Muhammad Hafidz. Acara dimulai dari pukul 08:00 s.d 16:00 dengan menghasilkan tiga juara, juara satu oleh SMAN 5 Yogyakarta dengan nama tim Mache Teddy, juara dua oleh Politeknik Negeri Jakarta dengan nama tim PNJ Kue Talam, dan juara tiga oleh SMAN 5 Yogyakarta dengan tim Mache Horas.

Jalannya acara begitu kondusif, dengan dukungan dua juri dari Universitas Negeri Jakarta yakni Bapak Mochammad Djaohar selaku dosen sekaligus pembina Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro 2012/2013, Bapak Muhammad Ficky Duskarnaen dan segenap panitia acara yang total dalam menjalankan acara.


Lomba Inovasi Alat Tepat Guna
Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro-Universitas Negeri Jakarta (HMJTE-UNJ) telah menyelenggarakan acara “LOMBA INOVASI ALAT TEPAT GUNA : Kembangkan Ilmu dan Kreativitas untuk Menjadi Pemuda Inovatif dan Produktif”, yang merupakan salah satu rangkain acara Elektro Most Festival (EMOSFET) 2012. Acara ini dilaksanakan dari jam 08.00 – 15.00 WIB, bertempat di Aula Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta. Selain perlombaan, Alat yang dibuat oleh Peserta juga dipamerkan dalam kegiatan Pameran Alat Inovasi Tepat Guna E-Mosfet 2012.

Acara ini diikuti oleh 4 Tim, berasal dari Tambun Selatan – Bekasi, Tanggerang Selatan, dan Bandung. Lomba Inovasi Alat Tepat Guna ini didukung oleh Association of Youth Innovator and Scientist Indonesia (AYISI). Penilaian Lomba Inovasi alat tepat guna dinilai oleh 3 juri, yaitu Bapak Mochammad Djaohar selaku Pembina Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, Dhonny Bramanto selaku Direktur Innovation, Intellectual Property Right and Commercialization Support Division, dan Andi Dwi Putra selaku President of AYISI. AYISI merupakan lembaga yang bergerak di kancah inovasi dan sains tingkat internasional dan telah bekerjasama dengan beberapa negara.

Pada Kegiatan Kompetisi Alat Tepat Guna, AYISI mengeluarkan sertifikat AIA ( AYISI Invention Award 2012) yang diberikan kepada Tim Youth Trinnovators dari SMAN 3 Bandung sebagai juara 1 dengan alat inovasi berupa Brush O Matic dan sertifikat ini berlaku di tingkat Internasional. Sertifikat AIA sendiri merupakan penghargaan khusus yang diberikan oleh pihak AYISI kepada peserta. Juara kedua diraih oleh KIR SMAN 2 Tambun Selatan dengan alat Triple Function in Air generator, dan juara ketiga diraih oleh TIM H2O dari SMAN 3 Bandung dengan alat THE AXIX (The Amazing Flexibel spray).

Selain itu, di akhir acara pihak AYISI memberikan penghargaan berupa Certificate of Appreciation kepada Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro yang telah menyelanggarakan Lomba Inovasi Alat Tepat Guna dalam rangkaian acara Electro Most Festival (EMOSFET) 2012.

Seminar Edupreneurs
Bertempat di Aula Perpustakaan Kampus A Universitas Negeri Jakarta, Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro (HMJTE) mengadakan seminar tentang edupreneurs. Seminar yang bertemakan “Sejuta Teknologi Untuk Rakyat” bertujuan menumbuhkan kemampuan inovasi dan wirausaha serta memberikan informasi mengenai wadah untuk mewujudkan ide-ide kreatif yang memiliki nilai manfaat bagi masyarakat sehingga mendorong terciptanya kegiatan wirausaha.

Seminar resmi dibuka oleh Ibu Dr. Tuti Iriani selaku PD 3 Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta dilanjutkan dengan seminar Edu-Preneurs yang dibawakan oleh N. Suryana selaku Program Manager dari Yayasan INOTEK. Seminar yang berlangsung lebih dari 2 jam tersebut, banyak mendapat perhatian dan sambutan yang positif dari para peserta. “Besar harapan kami, banyak inovasi atau inovator baru dalam program RAMP Indonesia berasal dari kampus ini”, ujar Surya diakhir memberikan seminar.


Catatan pribadi:
Subhanallah, secara pribadi, saya memberikan penghargaan dan acungkan dua jempol untuk kerja keras HMJ-TE UNJ, teruslah berkarya dengan event ilmiah seperti ini. Untuk para pimpinan UNJ, pada level Jurusan s.d Universitas, seyogyanya kegiatan seperti ini harus di-support penuh, khususnya terkait dengan pendanaan kegiatan.

Saya mengusulkan kepada para pimpinan UNJ agar kegiatan yang baik semodel ini dapat diapresiasi dengan memberikan reward kepada Panitia Pelaksananya, misalnya kegiatan ini mendapatkan nilai 1 SKS (sebagai kegiatan pengabdian masyarakat atau dulu dikenal dengan KKN-Kuliah Kerja Nyata) dan untuk para Dosen yang terlibat diberikan sertifikat resmi Pengabdian pada Masyarakat dari LPM-UNJ (sebagai kum/point bidang pengabdian masyarakat).

Ke depannya, kegiatan ini bisa diperluas dengan tidak hanya melibatkan mahasiswa saja, namun juga seluruh Dosen Teknik Elektro UNJ dan juga alumni TE-UNJ, misalnya diisi dengan seminar penelitian dosen elektro FT UNJ (sebagai nilai point untuk bidang penelitian dosen) dan ajang temu alumni TE-UNJ yang telah berkiprah di berbagai sektor kehidupan, baik pendidikan maupun industri.


-----
Sumber :  http://hmjteunj.org/

Artikel Terkait

2 comments:

HMJTEUNJ said...

salamunalaikum, maaf pak mau ralat. Yang juara 2 nama Teamnya adalah PNJ Kue Talam.

HMJ TE UNJ

Mas Yusro said...

Trims informasinya, sudah saya ralat.