Saturday, March 2, 2013

Install WordPress 3.3.2 pada Localhost dengan XAMPP



Penulis : Aditya Subawa 

Install WordPress 3.3.2 pada Localhost dengan XAMPP. WordPress adalah sebuah aplikasi open source yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System)karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman ketua pengembang (developer), Matt Mullenweg.

Keunggulan WordPress:

1. Berbasis Open Source
Wordpress berbasis open source dan tentu saja gratisa. Bahkan bila memiliki kemampuan, kita bisa mengembangkan WordPress menjadi lebih dari “sekedar” blog.
2. Kustomisasi
Wordpress juga memiliki keunggulan WordPress dalam hal CMS, hal ini memudahkan pengguna untuk menambahkan dan mengubah isi dari situs maupun blog sesuai kebutuhan.
3. Plugin
Keunggulan WordPress yang menjadi salah satu andalan adalah adanya plugin yang melimpah. Dengan adanya berbagai macam plugin, WordPress bisa dikembangkan dan memiliki kemampuan yang maksimal hingga memungkinkan WordPress “disulap” menjadi website E-commerce.
4. Themes
Bagi yang suka gonta ganti design, theme untuk engine WordPress juga tersedia secara melimpah di internet dan bisa digunakan dengan gratis.
5. Search Engine
Dari sisi SEO, WordPress juga dikenal memiliki keunggulan yaitu SEO Friendly.
6. Dukungan, Perawatan dan BackUp
WordPress didukung oleh perusahaan besar dengan mengedepankan kemudahan penguna untuk melakukan perawatan dan backup.
7. Riset dan Pengembangan Berkelanjutan
WordPress melakukan pengembangan terus menerus untuk mencapai kesempurnaan yang dilakukan para developernya.
8. Dukungan Komunitas
Dengan adanya WordCamp yang merupakan kopi darat berkumpulnya penggiat WordPress dari berbagai belahan dunia, WordPress pun semakin kuat pengembangannya.

Sebelum menginstalnya pada komputer lokal atau yang saya sebut dengan Localhost, terlebih dahulu anda download file yang harus anda miliki dalam menjalankan tutorial ini:
- WordPress 3.3.2 [Download]
- Install XAMPP pada Windows [Read this]
- Mozilla Firefox (web browser favorit anda)
- Mengerti konsep localhost / komputer lokal

Kemudahan membuat blog dengan wordpress, anda tidak perlu mengerti secara detail bahasa pemograman php. karena wordpress sudah dimanjakan dengan beberapa plugins yang membuat anda dapat memodifikasi wordpress sesuai kehendak anda.

1. Install dan jalankan XAMPP nya terlebih dahulu, klik XAMPP control panel dan pastikan berjalan seperti gambar dibawah ini


2. Pastikan Anda telah mendownload WordPressnya, link downloadnya ada diatas. setelah itu saatnya kita meng-instal filenya, pertama-tama extrak file yg anda download tadi pada directory Xampp pada folder htdocs (pada kasus saya c:\xampp\htdocs) buat sebuah folder dengan nama “wordpress-site” kemudian extrak seluruh file pada rar wordpress yang anda download tadi.

3. ketik di browser mozilla anda : http://localhost/phpmyadmin/ (kita akan membuat database terlebih dahulu) beri nama “wordpress_db2″ >> Create (fungsi membuat database adalah sebagai media tempat menyimpan data wordpress anda, seperti artikel, gambar, dll)



4. ketik pada browser anda http://localhost/wordpress-site (dimana “wordpress-site” adalah folder yang anda buat pada htdocs tadi) anda akan menemui error saat mengakses halaman ini, karena database belum terconnect pada wordpress anda. klik “Create a Configuration File” >> “Lets go”



5. Anda akan sampai dihalaman configuration, saatnya menyambungkan dengan database yang anda buat tadi. lihat pada gambar:




Kemudian “submit” >> “Run The install”
6. selanjutnya anda mengisi form deskripsi website anda, seperti website tittle, username, password dll. lihat pada gambar:


7. Tahap Instalasi selesai, silahkan login sebagai administrator. (http://localhost/wp-login.php)



8. Halaman Depan bisa anda akses dengan http://localhost/wordpress-site

Video Tutorial Install WordPress 3.3.2 pada Localhost dengan XAMPP :


Sumber : http://blog.balimechanicweb.net/2012/

Artikel Terkait

0 comments: