Sunday, April 28, 2013

Cara Membuat Website Gratis

Cara Membuat Website Gratis

Penulis :  

Tutorial cara membuat website gratis ini menunjukkan kepada Anda bagaimana jalan termudah bahkan oleh pemula, sebagaimana kita ketahui jika dunia internet itu semakin besar dan luas dalam kehidupan kita sehari-hari. Tidak ada kata lain selain mencoba, gagal dan mencoba lagi sampai berhasil.
Bagi kita yang baru saja terjun kedalam bisnis seperti ini pasti akan mempunyai kendala, bisa dari segi bahasa, keterampilan, kreatifitas atau juga dalam ilmu pengetahuan programming. Setidaknya kita bisa menemukan jalan paling mudah, maka dari itu ocimnet akan mencoba menjabarkan sedikit demi sedikit agar anda bisa fokus dalam mengerjakannya.


Pada tahap pertama cara membuat website gratis hal yang harus dilakukan adalah mendapatkan sebuah nama domain, bisa itu gratis atau juga berbayar. Contoh domain gratis adalah seperti .tk dimana semua gratis namun jangan lupa untuk memperpanjang kontrak dalam satu tahun terkahir, contoh domain berbayar itu seperti baladberita.comocim.web.id atau juga ocim.me dengan kontrak biaya berbeda tiap TLD tergantung dari situs penjual.

Setelah anda mendapatkan apa yang sudah di kemukakan oleh saya, kita berlanjut kepada tahap berikutnya yaitu mendapatkan sebuah hosting gratis atau berbayar. Jika ingin hosting gratis bisa mencoba di idhostinger.com, namun tetap jika gratis pasti banyak kekurangannya. Untuk hosting berbayar anda bisa mencoba pada salah situs hosting gratis, dimana dari segi pelayanan pasti tidak akan mengecewakan.
Setelah mendapatkan semua itu baru kita memilih CMS apa yang diinginkan, apakah Wordpress, Drupal, Joomla atau juga Pligg. Semua itu tergantung anda sendiri bagaimana ingin belajar sungguh-sungguh, namun jika menurut admin ocim blog sendiri lebih baik mencoba Wordpress untuk pemula.

Setelah semuanya selesai baru anda harus memilih topik yang sekiranya bisa menjadikan situs tersebut menjadi pilihan anda sendiri, bisa topik dari otomotif, berita, games atau juga berita olahraga sepakbola.

Karena banyak yang meminta tutorialnya saya langsung saja jabarkan dengan lengkap pada postingan terbaru disini yaitu menggunakan hosting gratis serta instalasi dengan CMS wordpress.


Mungkin penjabaran tentang cara membuat website gratis saya cukupkan sekian, karena pada kesempatan berikutnya mudah-mudahan akan saya terangkan tahapan dari awal seperti pemilihan domain, hosting dan juga cms yang akan dipakai. Terima kasih semua atas perhatian, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. 



------------


Setting Domain dan Hosting Untuk Wordpress


Penulis : Kendhin 
Edisi perdana tutorial wordpress kali ini akan aku coba jelaskan tentang bagaimana cara setting domain dan hosting untuk wordpress. Untuk domain bisa menggunakan sub domain atau bisa menggunakan domain gratis dari co.cc atau bisa juga beli domain murah di www.dodoldomain.com. Sedangkan untuk hostingnya bisa menggunakan hosting gratisan dari 000webhost atau bisa juga membeli hosting murah dari superinhost.com
Ok mari kita mulai saja tutorialnya.

* SETTING DOMAIN

Kita harus memiliki domain terlebih dahulu. Kemudian mengarahkan domain kita ke hosting yg kita pilih. Caranya yaitu dengan mengganti name server domain kita. Bagi yang memakai hosting dari 000webhost biasanya name servernya adalahns01.000webhost.com dan ns02.000webhost.com sedangkan bagi yang menggunakan hosting dari superinhost.com maka name servernya adalah ns1.superinhost.com dan ns2.superinhost.com



* SETTING HOSTING DAN INSTALL WORDPRESS

1. Masuk ke cpanel Hostingmu lalu cari dan pilih icon fantastico

 

kalo di 000webhost iconnya ini 

2. Setelah itu pilih "wordpress" dan lalu "new installation"


3. Kemudian isikan data-data pada form yg muncul. Kosongkan kolom "Install in directory" jika pingin install wordpress di domain pokok.
4. Kemudian klik tombol "Install Wordpress". Tunggu sebentar kemudian klik tombol "Finish Installation".
5. Untuk untuk masuk ke administrator wordpressnya biasanya melalui URL http://namadomainmu.com/wp-admin. DIsitu km bisa posting2 dan macem.

OK jadi deh wordpressnya. Oh ya, kalo pake hosting sendiri kita bisa ngedit2 template wordpressnya lho. Selamat Mencoba....

Artikel Terkait

0 comments: