Monday, June 3, 2013

21 Siswa Unggulan Bertarung di Inggris

 http://img.okeinfo.net//content/2013/06/03/560/816568/s67WPp4O6a.jpg

Info Kampus - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyelenggarakan program Outstanding Students for The World (OSTW) pada 1-11 Juni 2013 dengan jumlah peserta yang terdiri dari 21 siswa siswi berprestasi. Program ini dilakukan dalam rangka memperkuat konstituen diplomasi di kalangan pemuda berprestasi.

Dalam siaran pers yang diterima dipublikasikan Direktorat Diplomasi Publik seperti dikutip Okezone, Senin (3/6/2013), negara yang dituju untuk program ini adalah Inggris, dengan pertimbangan negara tersebut memiliki kualitas dan fasilitas pendidikan yang sangat baik. Di samping itu, Inggris juga mempunyai sejarah pengalaman diplomasi yang sangat kaya untuk dipelajari.

Dalam konteks hubungan kerjasama bilateral Indonesia-Inggris, kedua negara telah berhasil mengembangkan kerjasama di berbagai bidang. Dalam kaitan tersebut, program OSTW diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan hubungan antara masyarakatnya.

“Kemlu menyadari bahwa pemuda sebagai ujung tombak yang akan menerima estafet kepemimpinan bangsa di masa datang, merupakan salah satu elemen penting dalam konstituen diplomasi bangsa,” tukas Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik AM Fachir.

Untuk itu, tambahnya, pemuda harus dibekali dengan pendidikan dan pengetahuan, yang mampu bersaing tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga harus mampu berbicara di tingkat global. Para pemuda berprestasi adalah aset bangsa yang perlu terus didorong dan didukung dalam upaya mencetak pemuda Indonesia yang berkualitas, namun tetap berakhlak dan mencintai NKRI.

Program OSTW telah dilaksanakan sejak 2011 dengan negara tujuan Amerika Serikat (AS) dan Jepang. Program ini pertama dilaksanakan pada 30 Oktober-20 November 2011 diikuti oleh 21 orang siswa terbaik. Outstanding Students for the World 2012 diselenggarakan dari 9-18 Juni 2012 dan diikuti 21 siswa berprestasi dari berbagai daerah di Tanah Air.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, para peserta OSTW adalah para siswa yang telah berprestasi di tingkat internasional dan nasional khususnya pemenang olimpiade matematika, fisika, kimia, biologi, kontes robot dunia, lomba debat Bahasa Inggris, dan peneliti atau inventor muda Indonesia yang berasal dari berbagai propinsi di Indonesia,” jelasnya.

Selain itu, peserta juga merupakan perwakilan dari daerah, seperti siswa berprestasi dari Pondok Pesantren Gontor, SMAK Giovanni di Kupang, dan SMAN 3 Papua. Diharapkan, generasi muda berprestasi Indonesia akan dapat menambah wawasan atau pengetahuan mengenai politik luar negeri Indonesia dan mampu membangun persahabatan (networking) yang bermanfaat bagi bangsa dan negara di masa datang.

Sekadar informasi, OSTW merupakan program yang diperuntukkan kepada generasi muda berprestasi untuk dapat memiliki kesempatan berperan dalam mendukung kegiatan promosi dan peningkatan citra Indonesia di luar negeri. (ade)

Sumber: Okezone
Artikel Terkait