Tuesday, December 10, 2013

CARA MENGEMBALIKAN DATA YANG TERHAPUS PERMANEN




Cara mengembalikan dan memulihkan data yang hilang karena terhapus permanen baik yang sengaja maupun tidak sengaja sebenarnya sangat mudah, tentunya bagi anda yang sudah tahu dan paham cara memulihkan data yang hilang tersebut. Dan di kesempatan yang baik ini admin Blog akan berbagi tentang cara mengembalikan dan memulihkan data yang terhapus permanen.


Tutorial tentang cara mengembalikan file data yang hilang dan terhapus permanen ini menggunakan bantuan sebuah software gratis buatan Piriform yang bernama Recuva, anda dapat mendownloadnya dan membaca tentang recuva di artikel saya terdahulu atau silahkan klik disini.

Recuva merupakan sebuah software yang berfungsi untuk mengembalikan data yang terhapus secara permanen, baik karena pengosongan recycle bin, terformat, crash system maupun yang lenyap karena virus yang menyerang komputer anda.


BERIKUT CARA MENGEMBALIKAN FILE DATA YANG HILANG DENGAN RECUVA:

  • Pertama-tama silahkan download dan install software recuva versi terbaru 2013
  • Setelah proses instalasi selesai silahkan buka recuva anda dengan double click icon recuva di desktop
  • Seteklah itu akan muncul jendela welcome to the recuva wizard anda hannya perlu klik next


  • Setelah itu di jendela recuva wizard anda disuruh memilih jenis file yang akan di recovery, jika filenya bermacam-macam jenis maka pilih saja all files


  • selanjutnya menentukan file location jika anda ingat dan tahu pasti letak file yang hilang, jika tak yakin pilh saja I'am not sure



  • recuva wizard sudah selesai dan sekarang saatnya mencari file anda yang hilang dengan klik start 
  • Proses pencarian akan segera berlangsung tunggu sampai selesai

  • Setelah selesai proses pencarian anda disuruh memilih file mana saja yang akan dipulihkan dengan memberi check list yang disediakan untuk kemudian anda klik recover
  • Setelah itu anda akan diminta menentukan tempat penyimpanan file yang akan di pulihkan untuk kemudian klik OK

  • Proses recovery akan segera berlangsung tunggu sampai selesai, 


Lamanya proses recovery data yang berlangsung sangat bergantung seberapa banyak dan besarnya file yang dipulihkan ini berarti semakin banyak dan besar file yang dipulihkan maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Setelah selesai proses recovery data yang hilang silahkan cek data anda difolder yang telah anda pilih untuk menyimpan data yang dipulihkan tadi, maka file anda telah kembali setelah terhapus permanen terimakasihlah kepada recuva atas bantuannya.

Demikian tutorial tentang cara mengembalikan dan memulihkan data yang hilang dan terhapus permanen, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.

---------------
Artikel Terkait