Wednesday, January 15, 2014

4 Tips Memakai BBM Android bagi Pemula

Aplikasi ngobrol BlackBerry Messenger (BBM) memang sudah dapat digunakan di smartphone Android sejak tahun lalu, tapi belum semua orang menggunakannya. Lantas, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda telah memakainya? Jika belum, berikut ini empat tips memakai BBM di smartphone Android.

Temukan PIN Anda
PIN (Personal Identification Number) berguna untuk mengaktifkan BBM. Anda bisa mengetahui PIN BBM dengan cara membuka aplikasi BBM pada smartphone, lalu klik Nama Profil di bagian paling atas. PIN dapat dilihat di bawah tulisan Status.
Bagikan PIN Anda
Agar jari-jemari Anda tidak pegal, Anda sebaiknya tidak membagikan PIN BBM satu persatu ke seluruh kontak. Coba gunakan fasilitas Share Barcode. Caranya, masuk ke dalam profil Anda seperti langkah di atas, lalu klik pilihan yang diinginkan.
Untuk membagikan PIN dan Barcode secara otomatis cukup pilih Share pada kotak disebelah kanan tulisan PIN, lalu pilih media penyebaran PIN dan Barcode. Anda juga bisa membagikan PIN BBM Anda melalui menu BBM di halaman utama Blackberry Messenger dan memilih opsi Share PIN. Dengan menggunakan metode pembagian PIN, Anda dapat menghemat waktu dengan memilih media penyebaran PIN dan akan secara otomatis terkirim.

Gunakan Barcode Anda secara Efektif
Blackberry Messenger telah dilengkapi denganBarcode sebagai salah satu cara menambahkan teman atau kolega kedalam kontak Anda. Kini Anda dapat memanfaatkan Barcode tak hanya sekadar untuk menambahkan kontak, tapi juga untuk keperluan penambahan kontak yang baru Anda kenal melalui kartu nama Anda. Caranya cukup mudah, ikuti langkah diatas sampai Anda masuk ke profil lalu klik tulisan Show Barcode yang terletak dibagian paling bawah. Setelah Anda melihat Barcode beserta PIN, Anda cukup menyimpan Barcode (screenshot) agar dapat diletakkan pada kartu nama pribadi atau bisnis Anda.

Hiasi Status Anda dengan Bendera Kebangsaan
Salah satu kelebihan BBM dibandingkan aplikasi chatting pihak ketiga lain terletak pada kemampuan menambahkan gambar atau icon pada status penggunanya. Misalnya saja, pemasangan bendera negara pada status bar. Untuk menambahkan icon bendera, Anda cukup menemukan kode negara yang ingin digunakan, lalu menuliskannya pada status bar atau pesan BBM. Jika ingin menampilkan icon bendera Indonesia pada status bar atau pesan, Anda hanya perlu menuliskan *ID* (bintangIDbintang). Begitu Anda menekan tombol spasi, tulisan *ID* sudah berubah menjadi bendera Indonesia.
Ada lebih dari 200 bendera negara yang bisa Anda gunakan untuk menghiasi status ataupun pesan pada BlackBerry Messenger Anda. Untuk mempermudah, berikut kami sertakan kode bendera negara yang dapat digunakan.


Artikel Terkait