Thursday, October 23, 2014

E-Banking : Pengertian LLG dan RTGS



Penulis : Jovie, Blogger Indonesia

Perbedaan antara LLG dan RTGS akan sering kita temui apabila kita melakukan transaksi antar Bank menggunakan fasilitas internet Banking, saya sendiri menggunakan layanan internet Banking BNI dan BCA dan dalam waktu 1bulan bisa puluhan kali melakukan transaksi dengan menggunakan fasilitas Internet Banking (terutama BCA), baik melakukan transfer ke sesama Bank/antar Bank, pembelian pulsa, membeli barang-barang online, booking tiket pesawat, jual beli paypal, membayar tagihan kartu kredit, dll...so, Internet Banking really help me, without internet Banking I really do nothing. Sebenarnya sudah lama ingin menuliskan hal ini dan dulu saya sendiri sangat penasaran mengenai apa perbedaan antara LLG dan RTGS, setelah nyari-nyari dan dapat jawaban di Yahoo answer mengenai perbedaan antara LLG dan RTGS baru deh Ngeh. Nih dia Perbedaan LLG dan RTGS :


Perbedaan yang paling mencolok antara LLG dan RTGS adalah dari kecepatan dan biayanya. LLG (Lalu Lintas Giro) adalah suatu layanan transfer antar bank dimana cara melakukan transfernya melalui mekanisme kliring (clearing), akibatnya proses transfernya menjadi lama, contoh : jika saya melakukan transfer dengan LLG dari BCA ke BNI (dalam hari kerja : Senin-Jumat), pagi saya melakukan transfer, maka sorenya Bank penerima yaitu BNI baru menerima uang yang saya transfer, sedangkan jika saya melakukan transfer di luar jam kerja misalnya hari Jumat sore diatas jam 5 atau Sabtu or Minggu maka Bank penerima akan menerima uangnya hari Senin.
Biayanyapun sangat murah hanya Rp 5000 di Indonesia (BCA dan BNI). contoh gambarnya ada dibawah ini :

transfer antar bank, RTGS, LLG, internet banking, Indonesian Internet Banking, BCA internetbanking, klikbca, BNI internet banking

Sedangkan RTGS (real time gross settlement) adalah transfer antar bank yang "seharusnya realtime", jadi uang akan langsung masuk ke rekening tujuan (Bank Penerima) meskipun bukan jam kerja sekalipun. Untuk biayanya tentu aja lebih mahal dari RTGS, Bank biasanya mencharge Rp 20.000. contoh gambar ada dibawah ini :



So, setelah mempraktekkan dan ketahuan biayanya, saya lebih memilih LLG daripada RTGS, kan lebih murah...so jika ada pihak penerima mempunyai rekening lain saya akan info untuk melakukan transaksi pas hari kerja yaitu Senin-Jumat, jika sudah Jumat sore, Sabtu or Minggu maka uang akan diterima hari Senin.

Contoh gambar diatas saya screenshoot dari fasilitas BCA Internet Banking (karena di BCA memperlihatkan biaya yang dikenakan sedangkan pihak BNI tidak memperlihatkan biaya yang dikenakan) apabila melakukan transfer antar Bank. Pada BCA Internet Banking akan muncul pilihan LLG and RTGS, sedangkan pada BNI akan muncul Kliring (bukan LLG) dan RTGS.

Sumber : http://www.rakianingjati.com/2012/07/antara-llg-dan-rtgs.html
Artikel Terkait

1 comments:

Desi said...

emang ya kalo mau cepet mah harus sedia uang lebih bahkan buat transfer di internet banking sekalipun hehe