Friday, December 19, 2014

Menggunakan EndNote dalam Penulisan Ilmiah

 

Penulis : Mas Yusro

Menulis karya ilmiah (Skripsi, Tesis, Disertasi, Paper, dst) tentunya menjadi aktifitas rutin yang dilakukan oleh para akademisi (guru dan dosen) serta peneliti. Dalam menulis ilmiah terkadang menemui kesulitan untuk menyusun daftar pustaka, disebabkan begitu banyaknya kutipan yang diambil dan daftar pustaka/acuan referensi yang digunakan. Oleh karenanya diperlukan sebuah tool/aplikasi untuk memudahkan mengelola daftar pustaka tsb, diantaranya EndNote, JabRef, Biblioscape atau Zotero.

EndNote merupakan software yang dikembangkan khusus untuk Manajemen Referensi (pengelolaan pustaka/acuan referensi). Dengan EndNote dapat disimpan data-data mengenai acuan referensi yang digunakan dan mengintegrasikannya ke dalam teks yang ditulis (misal. MS. Word). EndNote dikembangkan oleh Thomson Reuters, dan merupakan software berbayar (adapun Zotero tersedia secara cuma-cuma). EndNote bisa didapatkan dengan harga sekitar USD 300 (IDR 2.700.000) atau lebih untuk saat ini. Namun demikian, jika lembaga/institusi (seperti universitas/kementrian/dsb) membeli lisensi software ini maka dapat menggunakannya untuk banyak pengguna (multiple users). Untuk mendapatkan software ini secara gratis selama 30 hari, dapat mengunduhnya di link berikut ini : http://endnote.com/ 

Berikut ini beberapa tutorial singkat untuk menggunakan EndNote, semoga dapat membantu kawan-kawan dalam mempelajari serta mengaplikasikannya dalam menulis ilmiah, silakan diunduh/disedot.
  1. Praktik Dasar Menggunakan EndNote X5 (unduh)
  2. QuickStart Guide to EndNote X6 (unduh)
  3. EndNote X6 with Word 2007 (unduh)
  4. EndNote X6 with Word 2010 (unduh)
  5. Using EndNote X6 with Word 2010 style APA 6th (unduh)
  6. Fundamentals of EndNote X6 with CWYW (Word2010) (unduh)
  7. How to Install EndNote X6 for MAC (unduh)
Sekiranya belum memiliki kesulitan mencari referensi baru, maka dapat digunakan pencarian referensi menggunakan GOOGLE SCHOLAR ( http://scholar.google.com/ ) dengan tampilan seperti ini :

Lalu ketikkan "kata kunci" dari artikel yang diperlukan, setelah itu dapat langsung di-import ke Library EndNote yang dimiliki, seperti tampilan berikut ini :



Selamat mencoba dan ber-EndNote.....
Artikel Terkait

0 comments: