Wednesday, August 26, 2015

Kuliah di FT UNJ dengan SMART





Penulis : M. Yusro
Adik-adik, selamat datang di FT UNJ, fakultas kebanggaan, fakultas terbaik di lingkungan UNJ, fakultas yang  pertama mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008 dan IWA 2 untuk bidang pendidikan. Memasuki kehidupan baru di kampus tentunya adik-adik perlu memiliki rencana dan tujuan yang jelas. Dunia kampus sangatlah berbeda dengan dunia sekolah yang baru saja kalian tinggalkan, kampus penuh dengan tantangan, kemandirian, pengorbanan, dan beraneka ragam budaya dan pemikiran.  Kampus berbeda dengan sekolah sebelumnya, baik pada proses pembelajarannya, aktifitas akademiknya, cara belajarnya, bahkan sampai pada cara bergaulnya. 


Di kampus lah, nantinya kalian akan digodok menjadi calon-calon intelektual muda - pemimpin masa depan, agen perubahan sosial (agent of social change) sekaligus pengganti generasi yang ada saat ini. Oleh karenanya, jangan sia-siakan waktu kalian di kampus, raih berbagai prestasi - baik prestasi akademik maupun prestasi organisasi, selagi kalian mampu untuk meraihnya. Jangan hanya sekadar mengejar IP (Indeks Prestasi) tinggi, namun melupakan interaksi sosial antar sesama, nantinya kalian hanya akan menjadi robot-robot akademik saja.

Untuk itulah, kuliah di FT UNJ seharusnya dilakukan dengan cerdas (SMART) agar cita-cita dan impian adik-adik dapat terwujud dengan sempurna. Apa dan bagimanakah kuliah dengan SMART itu ?

S : Semangat
Seorang motivator, Mario Teguh mengatakan : Sesungguhnya bukan semangat yang menjadikanmu rajin, tapi rajinnya dirimu lah yang menjadikanmu bersemangat. Semangat adalah kekuatan untuk meraih sukses; semangat merupakan unsur untuk membangun pribadi hebat; dan semangat adalah kerja keras tiada henti. Intinya, semangat adalah kunci keberhasilan. Kuliah (belajar) harus semangat, tekun, rajin dan membuang jauh-jauh sifat malas. Pada umumnya, orang yang rajin terbiasa untuk hidup disiplin dan melakukan suatu perbuatan terpuji secara terus-menerus (continue). Mahasiswa yang gemar membaca, bertanya, berlatih, berdiskusi, rajin ke perpustakaan, dsb menandakan bahwa dia memiliki semangat yang kuat untuk menggapai prestasi. “Sesuatu yang Hebat Tidak Bisa Dicapai Tanpa Semangat yang Besar”

M : Menyenangkan
Learning is Fun. Jadikan kuliah ini menyenangkan, tidak membosankan, apalagi menyeramkan. Menyenangkan akan menjadikan adik-adik menikmati kuliah dengan baik. Menyenangkan akan mempermudah otak menyerap ilmu pengetahuan dan semua hal positif yang diberikan dosen. Ki Hajar Dewantara sebagai bapak pendidikan telah mencanangkan konsep pendidikan yang menyenangkan dengan menjadikan sekolah sebagai taman bermain. Di kampus pun demikian, kerjakan semua pekerjaan/tugas perkuliahan dengan gembira, jangan menjadikannya sebagai beban, apalagi sampai stress karena kuliah. Ketika kuliah menjadi beban, maka yang akan muncul adalah kesusahan, kekecewaan, kegalauan, kemalasan bahkan dapat menyebabkan jatuh sakit. Ingat, bahwa sehat itu sangat penting dan berharga dibanding yang lainnya.   “Belajar memang tidak mudah dan tidak selalu menyenangkan, namun hidup tanpa memiliki ilmu jauh lebih berat dan menyengsarakan”. 

A : Aktif
Secara harfiah active artinya ”in the habit of doing things, energetic”  artinya terbiasa berbuat segala hal dengan menggunakan segala daya. Aktif menunjukkan bahwa seorang tidak boleh diam saja di kampus. Aktif ketika di dalam kelas, artinya fokus mendengarkan materi yang dijelaskan dosen, bertanya ketika menemui kesulitan, menjawab ketika dosen mengajukan pertanyaan dan berpartisipasi dalam diskusi/kerja kelompok. Aktif di luar kelas, bermakna mengikuti berbagai aktifitas akademik maupun non akademik. Ada banyak kegiatan  dan organisasi kemahasiswaan yang bisa anda ikuti di UNJ, mulai dari Himpunan Mahasiswa Jurusan, Badan Eksekutif  Mahasiswa, Kerohanian dan Unit Kegiatan Mahasiswa (seperti : Kelompok Peneliti Muda, Lembaga Dakwah Kampus, Unit Kesenian Mahasiswa, Unit Kegiatan Olahraga, dsb). Kuliah berprestasi berarti kalian harus memiliki indeks prestasi (IP) yang bagus (kalau bisa di atas 3.00), plus kalian punya prestasi ilmiah dengan rajin mengikuti kompetisi ilmiah, dan kalian juga ikut aktif dalam organisasi kampus agar luas pergaulannya dan cakap dalam me-manage. “Kalian bisa memilih apa pun organisasi yang kalian sukai, tetapi ingat tugas utama, Kuliah”.

R : Raih Prestasi
Kuliah dengan beasiswa adalah kebanggaan bagi tiap mahasiswa. Beasiswa identik dengan prestasi, yang artinya yang memperoleh beasiswa adalah mereka yang berprestasi di kampusnya. Jika adik-adik punya PRESTASI, khususnya prestasi akademis, Insya Allah- segudang BEASISWA dari berbagai lembaga/instansi menanti kalian, sehingga tidak perlu pusing dengan biaya kuliah dan tidak perlu memusingkan orangtua di rumah. Kalian tidak lagi perlu meminta ongkos/transport kepada orang tua, meminta uang sewa kost, dsb, karena saat ini dana beasiswa-rasanya cukup untuk menutupi itu semuanya. Di UNJ, sumber beasiswa pun banyak, diantaranya : Bidikmisi, PPA (Peningkatan Prestasi Akademik), BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa), Unilever, Pertamina, BAZIS, dan lainnya. Saat ini, sudah tidak zamannya lagi, berhenti kuliah karena tidak ada biaya, karena ada beasiswa yang siap membantunya. “Waktu dan tenaga yang kalian habiskan untuk belajar, akan selalu melahirkan sesuatu yang berguna bagi kehidupan kalian”.

T : Team Work
Menurut West (2002), telah banyak riset membuktikan bahwa kerja sama secara berkelompok (team work) mengarah pada efisiensi dan efektivitas yang lebih baik. Hal ini sangat berbeda dengan kerja yang dilaksanakan oleh perorangan.  Unsur penting dalam meraih keberhasilan adalah mengetahui cara bergaul/berinteraksi dengan orang lain. Bergaul dengan banyak orang, banyak kepala, akan menjadikan adik-adik memiliki pandangan dan pengetahuan yang luas, lebih banyak ide, serta lebih luwes, arif dan bijak dalam bertindak. Bekerja dalam tim akan menguji kesabaran kalian dalam bekerja dan melatih untuk bisa bekerjasama dalam memecahkan masalah. Berinteraksi dengan orang lain merupakan salah satu sarana belajar untuk mengelola emosi, berani memutuskan suatu persoalan dan memahami karakter orang lain. “Jangan egois ketika kuliah, jadikan teman kampus menjadi sahabat akademik”.

Adik-adik yang berbahagia,
BISMILLAH, sekarang, mulai-lah kalian berniat dan ber-azzam (bertekad) untuk punya PRESTASI di kampus, buang kemalasan, jangan sia-siakan waktu yang ada, jangan habiskan waktu dengan kegiatan tak berarti. Jangan urai kembali airmata kesedihan orang tua kita, hadirkan terus wajahnya yang berharap, kalianlah yang kelak akan mengangkat derajat keluarga. Jadikan orang tua BANGGA terhadap kalian, gantilah tetesan airmata kesedihan dan keletihan orang tua menjadi air mata KEBANGGAAN dan SUKA CITA. Selamat berjuang di FT UNJ !

Depok, 15 Agutus 2015
Muhammad Yusro
Artikel Terkait

0 comments: