Monday, October 26, 2015

Cara Menampilkan PDF, Excel dan MS Word di Postingan WordPress


Penulis :

Terkadang kita harus melampirkan file-file yang dibutuhkan untuk melengkapi referensi yang kita berikan kepada pembaca di blog WordPress kita. File-file tersebut bisa dalam bentuk file MS Word, file Excel ataupun slide Powerpoint. Adapun bentuk-bentuk blog/situs yang membutuhkan fitur seperti ini antara lain blog/situs referensi tugas ataupun situs-situs pemerintahan.

Kebanyakan webmaster memilih solusi mengupload file yang dimaksud ke situs filehosting pihak ketiga, kemudian menyematkan link downloadnya ke halaman postingan. Sayangnya, tidak semua pengguna internet familiar dengan url download yang mengarah ke situs pihak ketiga. Belum lagi kalau situs pihak ketiga tersebut penuh dengan link iklan yang membingungkan. Ini membuat semua kesulitan yang Anda lewati saat mengupload file tersebut tidak juga membantu para pembaca Anda untuk mendapatkan referensi yang lebih lengkap.


Khususnya untuk WordPress, ada plugin yang bisa membantu Anda menampilkan file MS Word, MS Excel ataupun slide Powerpoint di halaman postingan, dan juga memberikan link download langsung untuk pembaca jika Anda mau.

Plugin ini disebut Google Doc Embedder.

Pertama-tama yang harus Anda lakukan tentu saja mengisntal Google Doc Embedder Plugin ke situs Anda. Baik dengan menggunakan fitur install lewat Dashboard ataupun diupload manual via FTP.
Ketika kamu sudah terinstal, langsung masuk ke Settings » GDE Settings.

plugin google doc embedder oleh segiempat

Disini Anda bisa mengatur lebar tampilan file yang akan ditampilkan di halaman postingan nantinya. Disini juga Anda bisa mengatur apakah link download nantinya akan ditampilkan, apakah akan ditampilkan untuk semua orang atau hanya kepada mereka yang sudah login.
Setelah selesai setting, silahkan upload file Anda melalui media uploader. Setelah upload selesai, copy url file tersebut dan masukkan kode berikut di dalam postingan Anda:

[gview file="http://url.file.Anda/file.pdf"] 


Ganti url di atas (mulai dari “http” dan seterusnya) dengan url file yang tadi sudah Anda copy sebelumnya.
Sekarang Anda sudah akan melihat file yang tadi Anda upload ditampilkan langsung di halaman postingan Anda. Ini memudahkan para pembaca untuk setidaknya memastikan file yang Anda berikan memang file yang mereka butuhkan. Dan link download file tersebut akan tersedia untuk pembaca jika pilihan tersebut Anda ambil di settings tadi.

Semoga membantu. Berikut ini link langsung ke halaman plugin Google Doc Embedder.

-----------
Sumber :  http://segiempat.com/tips-dan-cara/teknologi/wordpress/menampilkan-pdf-dan-ms-word-di-postingan/
Artikel Terkait

0 comments: