Sunday, October 11, 2015

Mengenal CYBER DEFENSE



Penulis: Mas Yusro

Kemajuan teknologi informasi yang bergerak demikian pesatnya, menyebabkan banyaknya terjadi perubahan yang signifikan dalam berbagai aktifitas masyarakat dan negara. Perubahan tersebut menyebabkan kecenderungan prilaku dan pola pikir masyarakat berkembang ke arah yang lebih dinamis, modern dan instan. Saat ini semua aktifitas dapat dilakukan secara ONLINE, mulai dari berbelanja, membayar tagihan sampai pada bisnis dalam skala besar. Sisi yang terkadang terlupakan oleh masyarakat adalah terkait dengan faktor keamanan dunia maya (Cyber Security), bahkan dalam skala yang lebih luas - isue tentang Cyber Security ini menjadi bahasan penting untuk penyelenggara negara (Pemerintah).


Terkait keamanan informasi,  Direktur PTIK BPPT, Hammam Riza, mengatakan resiko serangan cyber (cyber attack) memiliki spektrum yang sangat luas, mulai dari serangan hacker terhadap identitas seseorang (identity theft), cyber crime dan cyber terrorism, sampai pada serangan yang ditujukan kepada negara (nation-state cyberwarfare) yang harus dihadapi oleh bangsa Indonesia melalui strategi pertahanan cyber (cyber defence). Cyberwarfare adalah perang informasi (information warfare) yang menjadi medan perperangan di abad ke 21 ini.

Berikut ini adalah sharing saya tentang CYBER DEFENSE untuk bangsa dan negara. Silakan diunduh saja materi Pengantar Cyber Defense. 
Artikel Terkait

0 comments: