Friday, August 5, 2016

Promosi Dr. Muhammad Yusro, MT.


Sumber : http://ft.unj.ac.id/?p=4008


Hari Rabu tanggal 20 Juli 2016 merupakan hari yang cukup membahagiakan bagi Dr. Muhammad Yusro, MT. Pada hari tersebut pukul 13.00 bertempat di Ruang Chevron Texaco Gedung Dekanat FTUI Lt. 1 Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI) diadakan Sidang Terbuka Promosi Doktor Muhammad Yusro. Promosi Doktor Teknik Elektro atas disertasinya yang berjudul ”Pengembangan Algoritma Baru Untuk Peningkatan Akurasi Deteksi Tiang Pada Sistem Pendukung Mobilitas Orang Dengan Gangguan Penglihatan".


Pada penelitian ini dikembangkan sebuah sistem teknologi alat bantu mobilitas untuk Orang dengan Gangguan Penglihatan (OdGP) yang dinamakan dengan Smart Environment Explorer Stick (SEES). Tujuan khusus penelitian ini adalah mengembangkan algoritma baru dalam meningkatkan akurasi SEE-stick untuk mendeteksi tiang dengan metode perhitungan jarak dan pencarian pasangan garis vertikal berbasis optimasi deteksi tepi Canny dan Transformasi Hough. Algoritma deteksi tiang ini dinamakan algoritma YuRHoS. Hasil penelitian ini adalah dikembangkannya SEES sebagai sistem pendukung mobilitas OdGP yang mengintegrasikan perangkat global remote server (iSEE), embedded local server (SEE-phone) dan smart stick (SEE-stick).



Dr. Muhammad Yusro, MT. menyelesaikan Studi S3 DDIP (Double Degree Indonesia-Perancis) dengan Promotor 1 : Prof. Dr.-Ing. Kalamullah Ramli, M.Eng adalah Guru Besar Tetap Departemen Teknik Elektro FT UI, Promotor 2 : Prof. Kun Mean Hou adalah Full Professor di Blaise Pascal University, France dan Ko-Promotor Dr. Dodi Sudiana, M.Eng Pengajar Tetap Departemen Teknik Elektro FT UI. Pada program S3 DDIP ini seluruh proses biaya studi menggunakan Beasiswa Program Pasca Sarjana (BPPS), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Beasiswa Doktoral Pemerintah Perancis, Bourses du Gouvernement Français (BGF). Proses perkuliahan dilakukan pada Program Studi Teknik Elektro, Bidang Keahlian Teknik Komputer FT UI dan Bidang Keahlian Teknik Komputer, Blaise Pascal University. Setelah selesai sidang terbuka, dibacakan hasil yudisium promosi yaitu Sangat Memuaskan, dengan IPK = 3.92.


Selamat kepada Dr. Muhammad Yusro, MT. dan semoga ilmunya dapat bermanfaat, berguna bagi nusa dan bangsa. Aamiin.
Artikel Terkait

0 comments: