Sunday, August 25, 2019

Pelatihan Pemasangan dan Perawatan Kamera CCTV untuk Pemuda di Beji Depok

Penulis : Muhammad Yusro
           Pemasangan Closed Circuit Television (CCTV) kini menjadi tren baru di beberapa perumahan dan perkampungan. Berkat rekaman CCTV, sejumlah aksi kejahatan berhasil terungkap. Perkembangan regulasi hukum saat ini dengan berlakunya UU No.11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) telah mengakomodasi alat bukti elektronik termasuk diantaranya hasil rekaman CCTV yang dapat dijadikan sebagai alat bukti di persidangan. Keberadaan CCTV setidaknya akan menjadi pertimbangan pelaku pelanggaran atau kejahatan mengurungkan perbuatan jahatnya.
 

         Di Kota Depok penggunaan CCTV telah banyak digunakan di berbagai tempat, mulai dari kantor, tempat perbelanjaan, jalan raya, sekolah, kampus dan juga perumahan/kompleks. Sebuah kompleks perumahan terbesar di Depok yakni GDC (Grand Depok City) yang memiliki luas lahan 400 hektar telah melengkapi fasilitas keamanannya dengan CCTV 24 jam (https://granddepokcityoffice.com/), demikian juga dengan kompleks perumahan lainnya. Fenomena maraknya penggunaan CCTV di berbagai tempat di Kota Depok menjadikan kebutuhan atas layanan pemasangan dan perawatan/perbaikan CCTV menjadi layanan/jasa yang dicari oleh masyarakat. Solusi yang ditawarkan adalah mendayagunakan pemuda karang taruna dengan melatih pemuda karang taruna di wilayah Kota Depok dalam pemasangan dan perawatan kamera CCTV.
         
 

       Pelatihan Pemasangan dan Perawatan Kamera CCTV untuk Pemuda Karang Taruna di Kecamatan Beji – Depok Jawa Barat dilaksanakan di Aula Masjid Abu Bakar Ash Shiddiq, Beji pada tanggal 24 Agustus 2019. Pelatihan diikuti oleh 20 (dua puluh) peserta yakni para pemuda di lingkungan Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Depok. Instruktur pelatihan adalah 2 (dua) orang dosen program studi Pendidikan Teknik Elektronika dan 1 (satu) orang praktisi CCTV dan dibantu oleh 1 (satu) orang teknisi/laboran dan 3 (tiga) orang mahasiswa. Pelatihan berjalan dengan lancar dan diikuti dengan sangat antusias oleh para peserta, terlebih lagi saat dilaksanakannya praktik pemasangan/instalasi CCTV. 
Artikel Terkait

0 comments: